bingung apa yang harus di muat di blog , tolong saran nya ya !






2/14/2012

Tips solusi untuk modem Speedy yang tidak konek ke internet

Tips solusi untuk modem Speedy yang tidak konek ke internet (modem TP-Link dan Wi-Fi router Cisco).

Apakah diantara kalian ada yang pernah mengalami hal diatas??, saya pastinya pernah, wong saya juga pake ISP dari Speedy. Tapi selama saya pake speedy, permasalahan yang ada masih bisa saya atasi sendiri tanpa bantuan dari teknisi speedy (bukan sombong ye.. wkwkwk).

Pada postingan kali ini saya akan bahas sedikit tentang jenis masalah padaspeedy. Yang akan saya bahas diantara lain adalah:
  1. Tidak bisa konek ke internet
  2. Modem Speedy tidak merespon
  3. Lampu ADSL dan Internet pada modem speedy tidak menyala
Segitu saja dulu jenis permasalahannya, dan sekarang akan saya bahas penyebab dan solusinya 1 per 1


1. Tidak bisa konek ke Internet.

Penyebab: biasanya karena kualitas modem kamu kurang baik, Sering sekalirestart modem, atau dari pihak speedy yang sedang sibuk jalur trafiknya.

Solusinya:

A. Coba kamu restart lagi modemmu.
B. Buka browser (firefox atau internet explore) ketikkan default gatewayberdasarkan modem kamu (default gateway = 192.168.1.1)

C. setelah itu klik tab "Status". Nah lihat nama jenis IP dari IP Address sampai DNS 2, jika isi dari nama jenis IP tersebut kosong (tulisannya "-") berarti modemkamu belum konek ke pusat speedynya. Cara koneknya klik tombol "Connect" (untuk modem cisco wi-fi router multi fungsi)



2. Modem speedy tidak merespon.

Penyebab: rata-rata permasalahan seperti ini karena memakai 2 modem (yang 1modem untuk konek ke speedy, dan yang 1-nya lagi untuk router) Jadi IP Default Gateway antara Modem router dengan modem speedy bentrok karena mempunyai IP yang sama.

Solusi:

A. Buka browser kamu, lalu ketikkan di address barnya IP default Gateway(Default Gateway = 192.168.1.1)

B. Setelah berhasil dibuka, lihat firmware modem kamu. Apakah itu firmware Modem Speedy atau Router. Jika modem router, berarti permasalahan ada dimodem speedy kamu (karena biasanya IP default Gateway antara modem speedy dengan router itu sama, jadi harusnya masuk ke firmware modemSpeedy)

C. Jika yang kebuka adalah firmware wi-fi routernya, coba kamu putuskan koneksi wi-fi mu, lalu colokkan manual antara laptop dengan modem Speedy (TP-Link).

Setelah itu buka Command Prompt nya (klik start> search> ketikkan "cmd" lalu enter)

D. Ketikkan di cmd "ipconfig", lalu akan muncul nama-nama IP, Lihat IP Default Gateway.

E. Masuk ke browser, Ketikkan nomor IP Default Gateway dari cmd di address bar, dan tekan enter

F. Jika berhasil masuk ke firmware modem Speedy, Pilih status, dan tekan tombol connect.


2.) Lampu Led ADSL dan Internet tidak pernah menyala

Penyebab: Kemungkinan karena terbanting, atau tersambar petir

Solusinya: Jika masih bergaransi minta tukar saja. Jika sudah tidak berlaku belimodem baru, atau jika kamu ahli dibidang elektronika, ikuti langkah dibawah ini.

A. Buka penutup modem Speedy
B. Lepaskan papan PCB modem, coba perhatikan Garis" yang terpampang di PCB tersebut
C. Tinggal cari deh mana komponen yang mencurigakan, misalkan ada yang kendur, Putus, dll (Ada triknya itu, tapi gak bisa dijelasin karena yang saya pake waktu itu adalah skill insting, tapi berhasil.. wkwkwk hoki ya :D).

(*NB: untuk point 3 sebaiknya jangan ditiru untuk orang yang penakut, tapi jika kamu berani coba saja. Mencoba lebih baik dari pada diam dan tidak tahu apa-apa.. Tapi jangan coba-coba sama narkoba ya.. haha..)


Sekian dulu langkah solusi dari modem Speedy yang bermasalah. Permasalahan dan solusi diatas saya dapat berdasarkan pengalaman saya sendiri.

Saran dari saya: jangan pernah takut untuk mencoba apapun, karena dengan mencoba, selain mendapat kepuasan tersendiri untuk ingin tahu, kita juga akan mendapatkan pengetahuan dan pengalaman yang kita dapatkan.

0 komentar:

Posting Komentar